SISTEM- SISTEM DALAM
FILSAFAT
ONTOLOGI, EPISTEMOLOGI,
AKSIOLOGI dan LOGIKA
1. Ontologi
( Metafisika )
Ontologi berasal dari bahasa Yunani yang artinya ilmu
tentang yang ada. Sedangkan, menurut istilah adalah ilmu yang membahas
sesuatu yang telah ada, baik secara jasmani maupun secara rohani. Dalam aspek
Ontologi diperlukan landasan-landasan dari sebuah pernyataan-pernyataan dalam
sebuah ilmu. Landasan-landasan itu biasanya kita sebut dengan Metafisika.
Selain Metafisika juga terdapat sebuah asumsi dalam aspek
ontologi ini. Asumsi ini berguna ketika kita akan mengatasi suatu permasalahan.
Dalam asumsi juga terdapat beberapa paham yang berfungi untuk mengatasi
permasalahan-permasalahan tertentu, yaitu: Determinisme (suatu paham
pengetahuan yang sama dengan empiris), Probablistik (paham ini tidak sama
dengan Determinisme, karena paham ini ditentukan oleh sebuah kejadian terlebih
dahulu), Fatalisme (sebuah paham yang berfungsi sebagai paham penengah antara
determinisme dan pilihan bebas), dan paham pilihan bebas. Setiap ilmuan
memiliki asumsi sendiri-sendiri untuk menanggapi sebuah ilmu dan mereka
mempunyai batasan-batasan sendiri untuk menyikapinya. Apabila kita memakai
suatu paham yang salah dan berasumsi yang salah, maka kita akan memperoleh
kesimpulan yang berantakan.
Ontologi
membahas tentang yang ada, yang tidak terikat oleh satu perwujudan tertentu.
Ontologi membahas tentang yang ada yang universal, menampilkan pemikiran
semesta universal. Ontologi berupaya mencari inti yang termuat dalam setiap
kenyataan, atau dalam rumusan Lorens Bagus; menjelaskan yang ada yang meliputi
semua realitas dalam semua bentuknya.
a.
Objek Formal
Objek formal
ontologi adalah hakikat seluruh realitas. Bagi pendekatan kuantitatif, realitas
tampil dalam kuantitas atau jumlah, tealaahnya akan menjadi kualitatif,
realitas akan tampil menjadi aliran-aliran materialisme, idealisme,
naturalisme, atau hylomorphisme. Referensi tentang kesemuanya itu penulis kira
cukup banyak. Hanya dua yang terakhir perlu kiranya penulis lebih jelaskan. Yang
natural ontologik akan diuraikan di belakang hylomorphisme di ketengahkan
pertama oleh aristoteles dalam bukunya De Anima. Dalam tafsiran-tafsiran para
ahli selanjutnya di fahami sebagai upaya mencari alternatif bukan dualisme,
tetapi menampilkan aspek materialisme dari mental.
b.
Metode dalam Ontologi
Lorens Bagus
memperkenalkan tiga tingkatan abstraksi dalam ontologi, yaitu : abstraksi
fisik, abstraksi bentuk, dan abstraksi metaphisik. Abstraksi fisik menampilkan
keseluruhan sifat khas sesuatu objek; sedangkan abstraksi bentuk
mendeskripsikan sifat umum yang menjadi cirri semua sesuatu yang sejenis.
Abstraksi metaphisik mengetangahkan prinsip umum yang menjadi dasar dari semua
realitas. Abstraksi yang dijangkau oleh ontologi adalah abstraksi metaphisik.
2.
Epistemologi
( Ilmu pengetahuan )
Aspek
estimologi merupakan aspek yang membahas tentang pengetahuan filsafat. Aspek
ini membahas bagaimana cara kita mencari pengetahuan dan seperti apa
pengetahuan tersebut.
Pengetahuan
adalah jarum sejarah yang selalu berkembang mengikuti perkembangan zaman.
Semakin banyak ilmu yang kita pahami, semakin banyak khasanah kita. Dan
pengetahuan inilah yang menjadi batasan-batasan kita dalam menelaah suatu ilmu.
Hal ini yang mengakibatkan ilmu zaman dahulu dan zaman sekarang berbeda.
Misalnya, ditinjau dari segi ilmu teknologi. Teknologi zaman dahulu dan zaman
sekarang sangat berbeda jauh. Maka ilmu untuk menyikapi fenomena ini juga akan
ikut berkembang dan semakin bertambah.
Dalam aspek epistemologi ini
terdapat beberapa logika, yaitu: analogi, silogisme, premis mayor, dan premis
minor.
- Analogi, analogi dalam ilmu bahasa adalah persamaan antar bentuk yang menjadi dasar terjadinya bentuk-bentuk yang lain.
- Silogisme, silogisme adalah penarikan kesimpulan konklusi secara deduktif tidak langsung, yang konklusinya ditarik dari premis yang disediakan sekaligus.
- Premis Mayor, premis mayor bersifat umum yang berisi tentang pengetahuan, kebenaran, dan kepastian.
- Premis Minor, premis minor bersifat spesifik yang berisi sebuah struktur berpikir dan dalil-dalilnya.
Contohnya, premis mayor : semuaorang
akhirnya akan mati.
premis minor : Hasan adalah
orang
3.
Aksiologi
( filsafat nilai )
Aksiologi
(etika) pendidikan, sasaran utamanya menumbuhkan nilai kebaikan dalam perilaku
manusia sehingga menjadi matang dan cerdas (kecerdasan emosional). Kecerdasan
emosional adalah perlaku yang mengandung kebenaran, dan syarat dengan
kebijaksanaan. Kecerdasan emosional adalah sebuah perilaku yang dibangun
menurut dasar ontologi dan epistemologi pendidikan (Suhartono, 2007: 140).
Kecerdasan spiritual menjadi basis dari kecerdasan intelegensi dan kecerdasan
emosional. Tanggung jawab pencerdasan emosioanal selain keluarga, institusi
pendidikan, juga masayakat. Masyarakat merupakan keseluruhan entitas social sehingga
memiliki peran sentral dalam pencerdasan emosional. Meskipun ketiga komponen
tersebut bertanggung jawab atas pencerdasan emosional tapi pada hakekatnya
pencerdasan emosional berada pada individu masing-masing, yang merupakan
makhluk individu, makhluk sosial dan makhluk Tuhan.
Aspek aksiologi merupakan aspek yang membahas
tentang untuk apa ilmu itu digunakan. Menurut Bramel, dalam aspek aksiologi ini
ada Moral conduct, estetic expresion, dan sosioprolitical.
Setiap ilmu bisa untuk mengatasi suatu masalah sosial golongan ilmu. Namun,
salah satu tanggungjawab seorang ilmuan adalah dengan melakukan sosialisasi
tentang menemuannya, sehingga tidak ada penyalahgunaan dengan hasil penemuan
tersebut. Dan moral adalah hal yang paling susah dipahami ketika sudah mulai
banyak orang yang meminta permintaan, moral adalah sebuah tuntutan.
Ilmu bukanlah sekadar pengetahuan (knowledge).
Ilmu memang berperan tetapi bukan dalam segala hal. Sesuatu dapat dikatakan
ilmu apabila objektif, metidis, sistematis, dan universal. Dan knowledge adalah
keahlian maupun keterampilan yang diperoleh melalui pengalaman maupun pemahanan
dari suatu objek. Sains merupakan kumpulan hasil observasi yang terdiri dari
perkembangan dan pengujian hipotesis, teori, dan model yang berfungsi menjelaskan
data-data.
4. Logika
( Cara berfikir logis )
Logika
merupakan cabang filsafat yang berpangkal pada penalaran, dan sekaligus juga
sebagai dasar filsafat dan sebagai sarana ilmu. Dengan fungsi sebagai dasar
filsafat dan sarana ilmu,maka logika merupakan “jembatan penghubung” antara
filsafat dan ilmu, yang secara terminologis logika didefinisikan: Teori tentang
penyimpulan yang sah. Penyimpulan pada dasarnya bertitik tolak dari suatu
pangkal-pikir tertentu, yang kemudian ditarik suatu kesimpulan.
Logika
adalah ilmu pengetahuan mengenai penyimpulan yang lurus. Ilmu pengetauan ini
menguraikan tentang aturan – aturan serta cara – cara untuk mencapai
kesimpulan.
Berdasarkan
proses penalaran dan juga sifat kesimpulan yang dihasilkannya, logika dibedakan
atas logika deduktif dan logika induktif. Logika deduktif adalah sistem
penalaran yang menelaah prinsip-prinsip penyimpulan yang sah berdasarkan
bentuknya serta kesimpulan yang dihasilkan sebagai kemestian diturunkan dari
pangkal pikirnya. Dalam logika ini yang terutama ditelaah adalah bentuk dari
kerjanya akal jika telah runtut dan sesuai dengan pertimbangan akal yang dapat
dibuktikan tidak ada kesimpulan lain karena proses penyimpulannya adalah tepat
dan sah. Logika induktif adalah sistem penalaran yang menelaah prinsip-prinsip
penyimpulan yang sah dari sejumlah hal khusus sampai pada suatu kesimpulan umum
yang bersifat boleh jadi. Kesimpulan hanya bersifat probabilitas berdasarkan
atas pernyataan – pernyataan yang telah diajukan. Bagi logika deduktif ada
perangkat aturan yang dapat diterapkan ampir – ampir secara otomatis, sedangkan
bagi logika induktif tidak ada aturan – aturan yang demikian itu kecuali
hukum – hukum probabilitas. Sejarah Perkembangan Logika :
- Logika pertama-tama disusun oleh Aristoteles (384-322 SM), sebagai sebuah ilmu tentang hukum-hukum berpikir guna memelihara jalan pikiran dari setiap kekeliruan. Logika sebagai ilmu baru pada waktu itu, disebut dengan nama “analitika” dan “dialektika”. Kumpulan karya tulis Aristoteles mengenai logika diberi nama Organon, terdiri atas enam bagian.
- Theoprastus (371-287 sM), memberi sumbangan terbesar dalam logika ialah penafsirannya tentang pengertian yang mungkin dan juga tentang sebuah sifat asasi dari setiap kesimpulan. Kemudian, Porphyrius (233-306 M), seorang ahli pikir di Iskandariah menambahkan satu bagian baru dalam pelajaran logika. Bagian baru ini disebut Eisagoge, yakni sebagai pengantar Categorie. Dalam bagian baru ini dibahas lingkungan-lingkungan zat dan lingkungan-lingkungan sifat di dalam alam, yang biasa disebut dengan klasifikasi. Dengan demikian, logika menjadi tujuh bagian.
- Tokoh logika pada zaman Islam adalah Al-Farabi (873-950 M) yang terkenal mahir dalam bahasa Grik Tua, menyalin seluruh karya tulis Aristoteles dalam berbagai bidang ilmu dan karya tulis ahli-ahli pikir Grik lainnya. Al-Farabi menyalin dan memberi komentar atas tujuh bagian logika dan menambahkan satu bagian baru sehingga menjadi delapan bagian.
- Petrus Hispanus (meninggal 1277 M) menyusun pelajaran logika berbentuk sajak, seperti All-Akhdari dalam dunia Islam, dan bukunya itu menjadi buku dasar bagi pelajaran logika sampai abad ke-17. Petrus Hispanus inilah yang mula-mula mempergunakan berbagai nama untuk sistem penyimpulan yang sah dalam perkaitan bentuk silogisme kategorik dalam sebuah sajak. Dan kumpulan sajak Petrus Hispanus mengenai logika ini bernama Summulae.
- Francis Bacon (1561-1626 M) melancarkan serangan sengketa terhadap logika dan menganjurkan penggunaan sistem induksi secara lebih luas. Serangan Bacon terhadap logika ini memperoleh sambutan hangat dari berbagai kalangan di Barat, kemudian perhatian lebih ditujukan kepada penggunaan sistem induksi.
- Pembaruan logika di Barat berikutnya disusul oleh lain-lain penulis di antaranya adalah Gottfried Wilhem von Leibniz. Ia menganjurkan penggantian pernyataan-pernyataan dengan simbol-simbol agar lebih umum sifatnya dan lebih mudah melakukan analisis. Demikian juga Leonard Euler, seorang ahli matematika dan logika Swiss melakukan pembahasan tentang term-term dengan menggunakan lingkaran-lingkaran untuk melukiskan hubungan antarterm yang terkenal dengan sebutan circle-Euler.
- John Stuart Mill pada tahun 1843 mempertemukan sistem induksi dengan sistem deduksi. Setiap pangkal-pikir besar di dalam deduksi memerlukan induksi dan sebaliknya induksi memerlukan deduksi bagi penyusunan pikiran mengenai hasil-hasil eksperimen dan penyelidikan. Jadi, kedua-duanya bukan merupakan bagian-bagian yang saling terpisah, tetapi sebetulnya saling membantu. Mill sendiri merumuskan metode-metode bagi sistem induksi, terkenal dengan sebutan Four Methods.
- Logika Formal sesudah masa Mill lahirlah sekian banyak buku-buku baru dan ulasan-ulasan baru tentang logika. Dan sejak pertengahan abad ke-19 mulai lahir satu cabang baru yang disebut dengan Logika-Simbolik. Pelopor logika simbolik pada dasarnya sudah dimulai oleh Leibniz.
- Logika simbolik pertama dikembangkan oleh George Boole dan Augustus de Morgan. Boole secara sistematik dengan memakai simbol-simbol yang cukup luas dan metode analisis menurut matematika, dan Augustus De Morgan (1806-1871) merupakan seorang ahli matematika Inggris memberikan sumbangan besar kepada logika simbolik dengan pemikirannya tentang relasi dan negasi.
- Tokoh logika simbolik yang lain ialah John Venn (1834-1923), ia berusaha menyempurnakan analisis logik dari Boole dengan merancang diagram lingkaran-lingkaran yang kini terkenal sebagai diagram Venn (Venn’s diagram) untuk menggambarkan hubungan-hubungan dan memeriksa sahnya penyimpulan dari silogisme. Untuk melukiskan hubungan merangkum atau menyisihkan di antara subjek dan predikat yang masing-masing dianggap sebagai himpunan.Perkembangan logika simbolik mencapai puncaknya pada awal abad ke-20 dengan terbitnya 3 jilid karya tulis dua filsuf besar dari Inggris Alfred North Whitehead dan Bertrand Arthur William Russell berjudul Principia Mathematica (1910-1913) dengan jumlah 1992 halaman. Karya tulis Russell-Whitehead Principia Mathematica memberikan dorongan yang besar bagi pertumbuhan logika simbolik.
- Di Indonesia pada mulanya logika tidak pernah menjadi mata pelajaran pada perguruan-perguruan umum. Pelajaran logika cuma dijumpai pada pesantren-pesantren Islam dan perguruan-perguruan Islam dengan mempergunakan buku-buku berbahasa Arab. Pada masa sekarang ini logika di Indonesia sudah mulai berkembang sesuai perkembangan logika pada umumnya yang mendasarkan pada perkembangan teori himpunan.
a.
Peran Logika dalam Ilmu
Untuk
menemukan suatu kebenaran kita menggunakan logika yang pada dasarnya terdiri
dari angkah- langkah sebagai berikut.
·
Perumusan masalah : yang merupakan pertanyaan mengenai
objek empiris yang jelas batas- batasnya, serta dapat diidentifikasikan faktor-
faktor yang terkait di dalamnya.
·
Penyusunan kerangka berfikir dalam mengajukan
hipotesis : yang merupakan agumentasi yang menjelaskan hubungan yang mungkin
terdapat antara berbagai faktor yang saling mengait dan membentuk konstelasi
permasalahan. Kerangka berfikir ini disusun secara rasional berdasarkan premis-
premis ilmiah yang telah teruji kebenaannya dengan memperhatikan faktor- faktor
empiris yang relefan dengan permasalahannya.
·
Perumusan hipotesis yang merupakan jawaban sementara
atau dugaan terhadap pertanyaan yang diajukan yang materinya merupakan
kesimpulan dari kerangka berfikir yang dikembangkan.
·
Pengujian hipotesis yang merupakan pengumpulan fakta-
fakta yang relefan dengan hipotesis yang diajukan untuk memperlihatkan apakah
terdapat fakta- fakta yang mendukung hipotesis tersebut atau tidak.
·
Penarikan kesimpulan yang merupakan penelitian apakah
sebuah hipotesis yang diajukan ditolak atau diterima.Hipotesis yang diterima
dianggar menjadi pengetahuan karena telah memenuhi persyaratan keilmuan yakni
telah teruji kebenarannya.
Dapat
disimpulkan bahwa ilmu merupakan kumpulan pengetahuan yang disusun secara
konsisten dan kebenarannya telah diuji secara empiris dengan tahapan- tahapan
yang menggunakan logika. Ilmu tidak bertujuan untuk mencari kebenaran absolute
melainkan kebenaran yang bermanfaat bagi manusia dalam tahap perkembangan
tertentu.
b. Hubungan logika
dalam ilmu
Penalaran merupakan suatu proses berpikir yang membuahkan
pengetahuan. Agar pengetahuan yang dihasilkan penalaran itu mempunyai
dasar kebenaran maka proses berpikir itu harus dilakukan suatu cara
tertentu. Suatu penarikan kesimpulan baru dianggap shahih (valid) kalau
proses penarikan kesimpulan tersebut dilakukan menurut cara tertentu tersebut.
Cara penarikan kesimpulan tersebut dinamakan logika, dimana logika secara luas
dapat didefinisikan sebagai pengkajian untuk berpikir secara shahih.
Oleh karena itu cukup jelas bahwa logika merupakan pengetahuan tentang
kaidah berpikir dengan jalan pikiran yang masuk akal , dan logika merupakan
suatu penalaran dimana setelah itu akan muncul suatu metafisis “benar
atau salah.”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar